Tips Menulis Artikel Yang Benar - Tips ini bukan menjadi sebuah keharusan untuk kita menulis sesuatu blog yang kita miliki, tetapi menulis sebuah tulisan di blog dapat juga sebagai referensi pembaca untuk menulis sebuah artikel yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan penegetahuan mereka tentang menulis artikel di blog dengan baik dan benar.

Inti blogging adalah bertujuan untuk membuat konten atau artikel yang singkat dan menarik sehingga membuat para pembaca tidak sulit dalam memahami maksud dan tujuan dalam sebuah tulisan yang sederhana dan dapat diterima oleh para pembaca.

Sebagian orang menghabiskan waktu mereka untuk menulis artikel tentang apa yang ingin mereka sampaikan dan ada yang hampir menghabiskan waktu mereka untuk berfikir merancang sebuah konsep untuk menulis sebuah artikel pada sebuah blog.

Pada dasarnya tulisan artikel pada sebuah blog tidak sulit karena tidak ada aturan yang mengharuskan para penulis untuk memikirkan format teks, gaya tulisan serta artikulasi bahasa yang baik dan benar, namun isi blog seharusnya membuat pembaca bisa mengerti apa yang kita tampilan pada sebuah blog. Isi blog sangatlah luas, apa yang akan kita tuliskan asalkan bermanfaat pasti para pembaca akan selalu setia mengunjugi blog yang kita buat.

Sebelum membahas tips cara menulis artikel yang benar, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. 

Ada 2 gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis, yaitu :
  1. Gaya jurnalistik dan 
  2. Gaya ringkasan. 
  3. Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya. Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.

Berikut ini adalah tips menulis artikel yang benar :

1.  Gunakan Bahasa yang baik dan benar
Usahakan menulis artikel dengan bahasa yang dapat di mengerti oleh pembaca, dengan menggunakan gaya bahasa yang sederhana, namun dapat dipahami. Untuk itu diperlukan latihan atau referensi untuk menulis sesuatu yang dapat diterima oleh para pembaca. Selain itu juga dapat melatih kita dalam pengembangan dalam menulis sesuatu.

2.  Banyak membaca referensi
Seorang penulis yang baik adalah penulis yang dapat menghasilkan tulisan yang menarik untuk di baca oleh pengunjung. Ini adalah salah satu cara sebagai acuan para penulis untuk mencurahkan isi pikiran mereka kedalam sebuah blog, dengan referensi dan pengetahuan mereka dalam dunia penulis.

3. Memiliki gaya bahasa yang luas
Seorang penulis wajib menguasai bahasa atau tulisan yang dapat dipahami oleh seorang penulis dengan informasi yang mereka miliki serta wawasan dalam berbahasa menjadi acuan seorang penulis untuk menuliskan apa yang mereka miliki dalam sebuah tulisan dengan gaya bahasa yang luas dan arti sebuah tulisan yang dapat dipahami oleh pembaca.

4.  Tujuan Penulisan
Seorang penulis harus mengetahui apa yang akan mereka ingin sampaikan dalam sebuah tulisan, hal ini bertujuan agar pembaca mengerti yang mereka baca saat ini. Karena hal ini harus dipahami oleh penulis apa yang akan mereka sampaikan lewat tulisan yang mereka publikasikan. apakah tulisan yang mereka publiskan dapat bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

Demikian lah 4 Tips Menulis Artikel Yang Benar, mungkin terlihat sederhana dan tidak terlalu penting, namun hal ini lah yang membutikan tulisan dalam sebuah artikel pada blog bermanfaat atau tidak. Karena hal ini merupakan referensi oleh pembaca untuk menulis atau mengerjakan tugas-tugas mereka.

Post a Comment

 
Top