Pengenalan Tampilan Microsoft Excel 2007 - Pada kesempatan kali ini saya akan share mengenal tampilan pada Microsoft Excel 2007. Pada dasarnya Microsoft Office 2007 merupakan generasi Microsoft sebelumnya, hanya yang berubah hanyalah tampilan serta fitur - fiturnya yang memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam pengoperasinyanya. 

Fitur-fitur didalamnya sudah sangat baik dan lebih bagus dari pada Ms. Office 2003 versi sebelumnya. Tampilan yang lebih dinamis dan modern membuat Ms. Excel 2007 lebih banyak digemari. 

Ms Office 2007, pada saat ini masih banyak di gunakan, namun seiringnya kemajuan teknologi kini hadir Office 2010 dan 2013 yang baru dengan menawarkan  fitur-fitur yang lengkap dan dinamis, namun penggunaanya sama dengan office 2007 pada umumnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tampilan pada Ms Office 2007 agar anda semua mengerti dan paham dengan fitur-fitur yang diberikan oleh Ms office 2007 khususnya Microsoft Excel.

1.  Tampilan Layar Excel
Microsoft Excel 2007 adalah sebuah program aplikasi lembar kerja (spreadsheet). Excel 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007, yaitu suatu paket yang terdiri atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, PowerPoint, Outlook, Groove, InfoPath,  OneNote, Publisher. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi, analisis, dan persentasi data.

Untuk membuka Excel, klik tombol Start di lajur taskbar di bagian bawah layar Windows, lalu klik All Programs. Biasanya Excel tersimpan dalam folder Microsoft Office. Klik folder tersebut dan pilih Microsoft Excel 2007. Setelah kita membuka Excel, tampilan layar monitor akan ditampilkan pada Gambar 1.

Gambar 1
Ketika Tombol Office di-klik, tampilan yang dihasilkan seperti Gambar 2.

Gambar 2
Keterangan :
  1. Tombol office merupakan pengganti menu File yang sering dijumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka dokumen, menutup dokumen, dan mencetak dokumen.
  2. Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
  3. Title Bar (lajur judul) tercantum nama program, yaitu nama dokumen atau file yang sedang diproses dan nama aplikasi yaitu Microsoft Excel. Pada awalnya, Excel memberi nama Book1 pada file tersebut, namun kita dapat mengubahnya ke nama lain
  4. Grup merupakan bagian yang terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol- tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan  cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
  5. Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang memiliki keistimewaan khusus dan terletak di bagian sudut kanan atas lembar kerja. Isi tombol-tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga kita dapat menambahkan beberapa tombol perintah yang sering digunakan dalam toolbar ini.
  6. Tombol Dialog merupakan tombol dengan simbol anak panah yang di bagian kanan nama. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih kompleks dan masing-masing disesuaikan dengan nama toolbarnya.
  7. Close merupakan tombol yang befungsi untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
  8. Maximize dan Minimize berfungsi untuk memaksimalkan dan meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
  9. Name Box berfungsi untuk memasukkan alamat sel atau nama dari range yang menunjukkan pada suatu tempat tertentu di lembar kerja. Pemberian nama pada suatu sel atau range tertentu di lembar kerja akan memudahkan dalam operasi matematika atau pembacaan suatu tabel.
  10. Formula Bar digunakan untuk menampilkan informasi isi sel yang aktif di lembar kerja, untuk memasukkan dan mengubah formula/rumus.
  11. Scrollbar Vertikal digunakan untuk menggulung layar secara vertical dan Scrollba
  12. Horizontal digunakan untuk menggulung layar secara horizontal.
  13. Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
  14. Navigasi sheet merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet aktif.
  15. Tombol pengatur tampilan lembar kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
  16. Zoom level merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja


2.  Lembar Kerja Dan Buku Kerja
Lembar kerja atau worksheet  merupakan bagian utama pada layar Excel. Lembar kerja dibagi atas kolom (colums) dan baris (rows). Office Excel 2007 kini didukung kemampuan dengan jumlah kolom dan baris yang semakin banyak, yaitu 1.048.576 baris dan 16.384 kolom setiap worksheet. Dengan demikian, kolom terakhir pada worksheet Excel adalah XFD bukan lagi kolom IV.

Dibanding  versi sebelumnya  hanya 65.536  baris dan 256 kolom.  Ini berarti penambahan jumlah baris 15,25 kali dan jumlah kolom 62,5 kali. Dari jumlah sel, maka kemampuan baru Excel 2007 meningkat 1024 kali. Perpotongan antara kolom dan baris disebut sel dan kumpulan sel disebut range.

File yang dihasilkan dengan suatu program aplikasi disebut dokumen.  Excel akan menghasilkan  dokumen yang disebut buku kerja atau workbook.  Suatu buku kerja merupakan  kumpulan  lembar  kerja.  Selain  lembar  kerja,  suatu  buku  kerja  dapat mengandung lembar grafik.

Post a Comment

 
Top