Mengenal Tampilan Microsoft Word 2007 - Sebelum membahasnya seperti kita ketahui Microsoft Word 2007 merupakan regenerasi office 2003 yang berubah pada tampilannya adalah tata letak serta icon menu pada microsoft Word 2007 lebih memudahkan para pengguna untuk bekerja menggunakan aplikasi ini. Untuk memlilih fasilitas yang diperlukan pengguna hanya mengklik icon atau tab menu yang disesuaikan dengan kebutuhan.


Untuk memulai bekerja dengan Microsoft Word 2007 Anda harus melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1.     Klik tombol Start Menu yang ada pada taskbar

2.   Arahkan kursor pada All Programs kemudian cari Microsoft Office, lalu klik pada Microsoft Word 2007


      Pertama kali Anda akan diperkenalkan dengan tampilan baru dari Microsoft Word 2007 yaitu: Microsoft  Office Button, Ribbon, Quick Access Bar, Contextual Tool, Live Preview, Mini Menu
      Microsoft Office 2007 telah hadir dengan tampilan baru yang membuat orang yang terbiasa menggunakan Microsoft Office versi terdahulu akan sedikit mengernyitkan dahi jika pertama kali menggunakannya.
      Namun dibalik perubahan yang sangat significant tersebut tersembunyi kemudahan-kemudahan yang sangat membantu pekerjaan sehari-hari Anda.


III. Microsoft  Office Button
      Pada versi Microsoft Office terdahulu jika Anda ingin menampilkan file-file yang telah Anda buka sebelumnya, perintah-perintah untuk menyimpan dokumen, mencetak dokumen atau untuk mengirimkan file melalui E-mail Anda temukan pada Menu File tapi pada versi Microsoft Office 2007 hal-hal tersebut dapat Anda temukan pada Microsoft Office Button yang terdapat pada bagian kiri atas tepat sebelah kiri dari Quick Access Toolbar.



IV. Ribbon
Anda akan mudah menemukan perintah-perintah yang biasa Anda gunakan tanpa harus membuka banyak menu. Ada fasilitas baru yang disediakan oleh Microsoft Word 2007, yaitu Ribbon yang menampilkan semua perintah-perintah yang biasa digunakan.

Pada Ribbon terdapat bagian-bagian yang dapat dengan mudah anda gunakan seperti terlihat pada Gambar 1‑5 Bagian-bagian Ribbon berikut.
Keterangan gambar :
a. Tabs : Ribbon mempunyai tujuh Tab dasar pada terdapat pada bagian atas. Setiap Tab mewakili satu area kerja.
b. Groups : Setiap tab mempunyai beberapa group yang menunjukkan pokok bahasan yang saling berhubungan. Beberapa group mempunyai panah diagonal kecil yang terdapat pada pojok kanan bawah yang disebut dengan Dialog Box Launcher dialogboxlauncher . Dialog Box Launcher menampilkan dialog box  atau task pane yang sudah kita kenal pada versi word sebelumnya.
c. Commands : Command adalah tombol, menu atau kotak yang bisa digunakan untuk memasukkan informasi.




Dokumen baru akan tampil pada saat membuka Microsoft Word, tapi jika ingin membuat dokumen baru tanpa harus membuka Microsoft Word ulang dapat dilakukan dengan memilih  New dari tombol Office Button atau dari Quick Access Toolbar.



Lembar kerja (document) yang telah kita buat dapat disimpan pada media penyimpanan dengan cara berikut ini:
  1. Pilih dan klik tombol Office Button atau dari Quick Access Toolbar à Save. Jika Anda menyimpan document tersebut untuk pertama kali, kotak dialog Save As akan ditampilkan seperti gambar 1.17.
  2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan.
  3. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file.
  4. Dibawah pilihan Save in terdapat icon-icon alamat yang sering digunakan untuk menyimpan data. Anda dapat langsung meng-klik icon tersebut jika Anda ingin menyimpan data pada icon tersebut.
  5. Jika diperlukan Anda juga dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as type.  Pada Microsoft Word 2007 ini, jika langsung menekan tombol Save maka dokumen akan tersimpan dengan extensi .docx. Penyimpanan dalam extensi .doc dapat dilakukan dengan memilih type dengan Word 97 – 2003 Document (*.doc).
  6. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.




Untuk membuka dokumen lama yang pernah kita simpan, dapat melalui beberapa cara yaitu tombol Office Button atau dari Quick Access Toolbar. Menggunakan Recent Documents, yaitu dengan meng-klik nama file yang ada pada tombol Office Button juga dapat dilakukan.

Jika menggunakan tombol Open, selanjutnya akan muncul kotak dialog Open.  Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda inginkan. Klik tombol perintah Open untuk membuka dokumen tersebut.



Merupakan suatu operasi untuk menduplikasi suatu teks yang dipilih. Teks yang sudah dicopy akan disimpan di dalam clipboard. Langkah–langkah yang harus dilakukan untuk menyalin suatu teks :
a. Blok teks yang akan disalin (di-copy).
Ada beberapa cara untuk melakukan operasi copy, yaitu:
Ü  Pada Tab Home, Group Clipboard  lalu klik Copy
Ü  Dengan menekan kombinasi tombol keyboard (Ctrl + C)
b. Arahkan pointer mouse ke teks yang sudah Anda pilih lalu tekan dan tahan tombol Ctrl.

Merupakan operasi untuk menampilkan kembali teks yang ada di clipboard. Operasi paste merupakan kelanjutan dari operasi copy dan cut. Langkah–langkah untuk melakukan melakukan paste:
a. Arahkan titik sisip ke daerah dimana teks akan ditambahkan.
Ada beberapa cara untuk melakukan operasi paste, yaitu:
Ü   Pada Tab Home, Group Clipboard  lalu klik Paste.
Ü   Dengan menekan kombinasi tombol keyboard (Ctrl + V).
b. Tekan tombol mouse dan geser (drag and drop) teks yang terpilih ke posisi lain dan kemudian lepaskan tombol mouse.

Font adalah huruf, simbol atau angka yang terdapat pada dokumen. Untuk memformat bentuk huruf, ukuran maupun warna huruf, pastikan terlebih dahulu Anda memilih teks yang akan Anda format.

Pada Ribbon Tab Home, terdapat Group Font yang dapat dipergunakan untuk mengatur Font, Font Size, Bold, Italic, Underline,  Align Left dan masih banyak tombol lainnya. Masing-masing tombol tersebut berfungsi untuk mengubah jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan, mencetak miring, memberikan garis bawah, mengatur alinea teks dan lain lainnya


Selain menggunakan perintah yang terdapat pada Ribbon, Anda juga dapat melakukan format font dengan menggunakan dialog box Launcher. Pilih Tanda panah yang berada pada bagian kanan bawah dari group Font, selanjutnya akan tampil kotak dialog Font.
Pada tab Font terdapat beberpa pilhan, diantaranya:
Ü Font, digunakan untuk menentukan jenis huruf
Ü Font Style, digunakan untuk menentukan model huruf, apakah cetak tebal (Bold), cetak miring (Italic) , gabungan tebal dan miring atau model standar (reguler).
Ü Size, digunakan untuk menentukan Ukuran huruf.
Ü Font Color, digunakan untuk menentukan warna huruf.
Ü Underline Style, digunakan untuk memberikan efek garis bawah.
Ü Effects, digunakan untuk memberikan efek-efek pencetakan



Demikianlah artikel tentang Mengenal Tampilan Microsoft Word 2007, semoga apa yang saya publikasikan lewat artikel ini dapat membantu anda untuk mengenal lebih dalam Microsoft word 2007 dan versi lainya.

Post a Comment

 
Top